You Are Here: Bank ICBC Indonesia >Tentang Kami >Profil Manajemen

Profil Manajemen

 
Foto Profil
 
 
Wang Kun
Presiden Komisaris

Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Wang Kun diangkat sebagai Presiden Komisaris sejak Desember 2017. Keputusan ini berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No.108 pada tanggal 13 Desember 2017.

Pendidikan
Beliau memiliki gelar Sarjana Seni dari Teacher’s College, Yangzhou University, mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan lulus pada 1999. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar Master of Art dengan mengambil jurusan Sastra Inggris di Beijing Foreign Studies University dan lulus pada 2002.

Perjalanan Karier

Beliau berkarier di ICBC Limited sejak 2002. Selama berkarier di ICBC Limited, beliau telah menduduki jabatan-jabatan penting dalam bidang hubungan perbankan internasional, korespondensi bisnis, perencanaan bisnis, strategi bisnis perbankan, dan hubungan investor. Beliau juga pernah memimpin kantor cabang ICBC di Nanchong, yang selama masa jabatan beliau di sana, berkembang sangat pesat, baik dari sisi bisnis, kepatuhan, maupun pengelolaan risiko. Prestasi dan kegemilangan karier beliau dilanjutkan di Bank ICBC Indonesia sebagai Presiden Komisaris.


Foto Profil
 
 
Hendra Widjojo
Komisaris Independen

Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Hendra Widjojo diangkat menjadi Komisaris Independen sejak September 2007 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham PT Bank ICBC Indonesia (dahulu bernama PT Bank Halim Indonesia) No. 24 pada tanggal 19 September 2007.

Pendidikan
Beliau merupakan Sarjana Ekonomi lulusan dari Universitas Merdeka, Surabaya pada tahun 2001.

Perjalanan Karier
Selama 35 tahun berkarier, beliau menduduki berbagai posisi, mencakup Direktur PT Ogasaka (1981–1983) dan Kepala Divisi Keuangan di PT Multi Commodore Leasing (1982–1983). Dalam 5 tahun berikutnya, beliau menjabat sebagai Direktur Utama di Bank Pasar Sumber Dana. Dari tahun 1989 sampai dengan 1998, beliau ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Bank Halim Indonesia, kemudian menjabat sebagai Komisaris (1998–2005), lalu akhirnya menduduki posisi Presiden Komisaris hingga Bank diakuisisi oleh ICBC Limited pada 2007 dan berganti nama menjadi PT Bank ICBC Indonesia. Sejak saat itu, beliau menjabat sebagai Komisaris Independen.

Foto Profil
 
 
  
Yunno Kusumo
Komisaris Independen

Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Yunno Kusumo diangkat menjadi Komisaris Independen sejak 29 Agustus 2018 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 137 pada tanggal 29 Agustus 2018.

Pendidikan
Beliau lulus dari Universitas Airlangga, Surabaya, pada 1982 dengan gelar Sarjana Ekonomi dari jurusan Akuntansi dan meraih gelar Master of Art dari University of Kansas, Amerika Serikat, pada tahun 1990.

Perjalanan Karier
Beliau memiliki pengalaman yang sangat luas di bidang industri jasa keuangan, terutama terkait dengan pengawasan industri jasa keuangan dan perbankan. Beliau mengawali kariernya di Bank Indonesia pada 1983. Selama berkarier di Bank Indonesia, beliau telah banyak menduduki jabatan-jabatan strategis, di antaranya Kepala Seksi Biro Penelitian dan Pengembangan Perbankan, Analisis Senior Hukum dan Sekretariat, Peneliti Eksekutif Direktorat Penelitian dan Pengembangan Perbankan, Peneliti Eksekutif Departemen Sumber Daya Manusia, Direktur Pemeriksaan Bank I, serta Direktur Eksekutif-Kepala Departemen Investigasi dan Mediasi Perbankan. Pada 2013, beliau melanjutkan kariernya di Otoritas Jasa Keuangan. Sampai dengan akhir masa baktinya di Otoritas Jasa Keuangan, beliau menduduki berbagai jabatan strategis, seperti Direktur Eksekutif-Kepala Departemen Investigasi dan Perlindungan Konsumen; Direktur Eksekutif-Kepala Regional III Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT; dan Direktur Eksekutif-Advisor Departemen Pengendalian Kualitas Pengawasan. Pada tahun 2018, beliau bergabung dengan Bank ICBC Indonesia sebagai Komisaris Independen.

Foto Profil
 
 
 
Jeff S.V. Eman 
Komisaris

Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Jeff S.V. Eman diangkat menjadi Komisaris sejak 5 Juni 2020 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 19 pada tanggal 5 Juni 2020.

Pendidikan
Beliau meraih gelar Sarjana di bidang Ekonomi dari Universitas Advent Indonesia pada 1981.

Perjalanan Karier
Beliau adalah seorang bankir yang telah memiliki pengalaman selama lebih dari 30 tahun. Beliau memulai karier perbankannya di PT Bank Halim Indonesia pada 1990 dan selama 17 tahun beliau dipercayakan dalam peningkatan tanggung jawab di berbagai bidang termasuk Kepala Cabang, Koordinator Cabang dan Direktur yang membawahi Marketing, Operations, dan terakhir sebagai Presiden Direktur. Beliau terlibat dalam proses akuisisi, negosiasi dan proses transfer bisnis Bank Halim Indonesia menjadi PT Bank ICBC Indonesia dan kemudian bertanggung jawab sejak 2007 di bagian Compliance, Global Market, Credit dan Operations. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Teknologi Informasi dan Operasi yang membawahi Departemen Information Technology, Operation Management, Bills Center, Management Information and Accounting, dan Loan Operation. Beliau juga pernah menjabat sebagai Komisaris Bank untuk periode 2012 sampai 2015. Beliau adalah eksekutif di Foreign Committee dari Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas). Atas dedikasi dan kinerjanya beliau menerima penghargaan Award for Management Achievement dalam acara ICBC Honorary Global Employee di Beijing. Dan saat ini beliau menjabat sebagai Komisaris.

Foto Profil
 
 
 
 
 
 
Zhang Jinxing
Presiden Direktur
 
 

Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Zhang Jinxing diangkat menjadi Presiden Direktur berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 108 pada tanggal 13 Desember 2017 dan efektif menjabat sejak tanggal 20 April 2018 berdasarkan Surat Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing No. KEP.D31306/MEN/B/IMTA/2018 yang diterbitkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada tanggal 19 April 2018.

Pendidikan
Beliau meraih gelar Sarjana Sains di bidang Matematika Terapan dari Wuhan University pada 1988 dan meraih gelar Master of Economics di bidang Western Economics pada 1999 dari Huazhong University of Science and Technology.

Perjalanan Karier
Beliau mengawali kariernya di ICBC Xiangyang pada Divisi International Banking pada tahun 1988, dan setelah itu karier beliau terus menanjak dengan menduduki berbagai posisi penting seperti Kepala Kantor ICBC Wuhan Jiabei, dan Kepala Cabang Wuhan Zhongnan dengan beragam tanggung jawab seperti pengelolaan dana pihak ketiga, analisa kebutuhan pendanaan, dan juga pengembangan bisnis valuta asing. Pada 2002 beliau memulai perjalanan karier internasionalnya di ICBC Frankfurt selama tiga tahun sebagai Wakil General Manager dengan tanggung jawab untuk mengelola pengembangan bisnis ICBC Frankfurt baik dalam pemberian pinjaman korporasi maupun pengelolaan pendanaan korporasi, dan memperkuat hubungan bisnis dengan bank-bank lain di Frankfurt. Pada tahun 2005 beliau kembali ke Tiongkok untuk menduduki berbagai posisi penting di ICBC Hubei Branch seperti Wakil General Manager Banking Business, General Corporate Banking, Pejabat Eksekutif, dan merangkap sebagai Ketua Financial Review Committee dan Centralized Purchase Review Committee, Wakil Ketua Komite Credit Review, dan Wakil Ketua Komite Manajemen Risiko. Selama berkarier di ICBC Hubei Branch beliau berhasil meraih berbagai penghargaan diantaranya Best Service Banking Award selama dua tahun berturut-turut yaitu tahun 2013 dan 2014, Best Department of Hubei Branch di tahun 2015, Investment Banking Outstanding Contribution Award di tahun 2016, dan penghargaan bergengsi lainnya yang berhasil dicapai sepanjang karier beliau. Pada April 2018, beliau ditugaskan di Bank ICBC Indonesia sebagai Presiden Direktur.

 

 


Foto Profil

 

Zhang Wen
Direktur


Jabatan dan Dasar Penunjukan
Ibu Zhang Wen diangkat menjadi Direktur sejak Februari 2021 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 4 pada tanggal 1 Februari 2021.

Pendidikan
Beliau meraih gelar Sarjana di bidang Akuntansi dari Jiangxi University of Finance and Economics, Tiongkok di tahun 2001. Beliau kemudian melanjutkan Pendidikan Pasca Sarjana di bidang Fakultas Bisnis Administrasi dari University of Lanzhou, Tiongkok di tahun 2004. Beliau melanjutkan pendidikan Doktoral di Jiangxi University of Finance and Economics, Tiongkok, dan meraih gelar PhD pada 2009.

Perjalanan Karier
Beliau memulai kariernya pada 1991di ICBC Jiangxi, Tiongkok dan setelah itu karier beliau terus menanjak dengan menduduki berbagai posisi penting seperti Deputy General Manager yang membawahi Departemen Credit Approval, Deputy General Manager yang membawahi Departemen Kredit dan Manajemen Investasi, hingga menjabat sebagai General Manager yang membawahi Departemen Kredit dan Manajemen Investasi. Sebelum beliau ditugaskan ke Bank ICBC Indonesia, beliau menjabat sebagai General Manager yang membawahi Departemen Investasi dan Manajemen Aset Bank. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Kredit yang membawahi Departemen Credit Review, Credit Management, Financial Management dan MI & Accounting.



Foto Profil

 

Liu Hongbo
Direktur


Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Liu Hongbo diangkat menjadi Direktur sejak Februari 2021 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 4 pada tanggal 1 Februari 2021.

Pendidikan
Beliau meraih gelar Sarjana di bidang Hukum dari Universitas Shandong Law School, Tiongkok di tahun 1998. Beliau melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana di Shandong University Law School, Tiongkok dan meraih gelar MBA pada 2001.

Perjalanan Karier
Beliau memulai kariernya pada 2001 di ICBC Shandong, Tiongkok sebagai Legal Affairs, dalam karirnya, beliau memiliki pengalaman di bidang manajemen kredit, perbankan retail dan wholesale banking. Karier beliau terus menanjak dengan menduduki berbagai posisi penting seperti Wakil Kepala Cabang ICBC Shandong Tai’an, Tiongkok, hingga menjabat sebagai Kepala Cabang ICBC Shandong Tai’an, Tiongkok. Sebelum beliau ditugaskan ke Bank ICBC Indonesia beliau menjabat sebagai General Manager yang membawahi Departemen E-Banking di ICBC Shandong, Tiongkok. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Marketing yang membawahi Departemen Transaction Banking, Corporate Banking, SME Banking dan Global Market & Financial Institution.


Foto Profil

 

Sandy Tjipta Muliana
Direktur


Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Sandy Tjipta Muliana diangkat menjadi Direktur sejak November 2009 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham PT Bank ICBC Indonesia No. 35 pada tanggal 24 November 2009.

Pendidikan
Beliau lulus dari Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta pada tahun 1988 dengan gelar Sarjana Ekonomi jurusan Manajemen.

Perjalanan Karier
Beliau memulai karier pada 1989 di PT Bank Arta Prima sebagai Account Officer, dan kemudian dipromosikan sebagai Manajer Cabang Pembantu, Manajer Cabang, Manajer Corporate Banking, dan pada tahun 1995 beliau dipercaya sebagai Credit and Marketing General Manager yang bertanggung jawab atas Departemen Corporate Banking, Financial Institution & Syndication Banking, Consumer Banking, dan Credit Support and Review. Karier beliau berlanjut di PT Bank Artamedia, sebagai Business Development General Manager, Kepala Audit Internal, dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Kepatuhan. Di tahun 2002 beliau terlibat di dalam proses merger PT Bank Artamedia menjadi PT Bank Permata. Karier beliau dilanjutkan di PT Bank Permata dengan menduduki jabatan sebagai Head of Corporate Compliance kemudian sebagai Sekretaris Perusahaan. Selama periode tersebut, beliau menangani risiko kepatuhan, AML dan GCG, serta bertindak sebagai juru bicara Bank. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang membawahi Departemen Kepatuhan, Departemen Anti Money Laundering/Countering the Financing of Terrorism (AML/ CFT), dan Departemen Manajemen Risiko.

 


Foto Profil
 
Thomas Arifin
Direktur

Jabatan dan Dasar Penunjukan
Bapak Thomas Arifin bergabung dengan Bank ICBC Indonesia pada Februari 2016 dan diangkat berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 135 pada tanggal 22 Februari 2016.

Pendidikan
Beliau meraih gelar Sarjana dalam bidang Matematika dari Institut Teknologi Bandung (1985), Ekonomi/Manajemen dari Universitas Katolik Parahyangan (1986), dan Ekonomi/Manajemen dari Universitas Indonesia (1990). Mendapatkan beasiswa dari Masyarakat Eropa dan Negara ASEAN, dan beliau menyelesaikan MBA dari European University di Toulouse pada tahun 1993. Beliau adalah Certifi ed Risk Professional (Bank Administration Institute, Chicago, 2003) dan Chartered Financial Analyst Level 2 (CFA Institute, 2004).

Perjalanan Karier
Beliau memulai kariernya di PT Bank Bali Tbk. Karier beliau berkembang sejak tahun 1987 sampai beliau melanjutkan studi Pasca Sarjana pada 1993. Selanjutnya, beliau ditugaskan di Los Angeles sebagai Vice President Pertama sekaligus General Manager Kantor Cabang Luar Negeri Bank Bali (1997–2002) dan terlibat dalam integrasi Bank Bali dan 4 (empat) bank lainnya menjadi PT Bank Permata Tbk yang kemudian beliau bergabung sebagai General Manager dari Grup Manajemen Risiko sampai Mei 2006. Selama 5 tahun berikutnya, beliau melanjutkan kariernya di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai Direktur yang membawahi Treasury & International Banking dan Special Asset Management di mana selama kariernya di Bank Mandiri beliau diganjar berbagai penghargaan yang diberikan oleh Asian Banker (2011), Kementrian Keuangan (2010), Asia Money (2010, 2006), dan Finance Asia (2007). Setelah Bank Mandiri, beliau melanjutkan kariernya sebagai Direktur Manajemen Risiko dan Chief Risk Officer untuk PT Bank OCBC NISP Tbk (2011-2014) dan sebagai dosen di Universitas Katolik Parahyangan (2014-2015). Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Direktur Marketing yang membawahi Departemen Consumer Banking, SME Banking, Global Markets and Financial Institution, serta Jaringan Kantor Cabang. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Marketing yang membawahi Departemen Consumer Banking dan Jaringan Kantor Cabang.

 


Foto Profil

 

Fransisca Nelwan Mok
Direktur


Jabatan dan Dasar Penunjukan
Ibu Fransisca Nelwan Mok diangkat menjadi Direktur sejak 13 April 2017 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 71 pada tanggal 13 April 2017.

Pendidikan
Beliau meraih gelar Pasca Sarjana dari Sekolah Tinggi Manajemen Labora, Jakarta pada 2002 dan gelar Sarjana di bidang Peternakan dari Universitas Padjajaran Bandung di tahun 1981.

Perjalanan Karier
Karier beliau di dunia perbankan diawali dari tahun 1983 di Bank Bumi Daya, dengan berbagai tanggung jawab yang pernah beliau jalani seperti di bidang administrasi dokumen perkreditan, pengelolaan kredit bermasalah, dan akuisisi kredit. Setelah Bank Bumi Daya merger menjadi Bank Mandiri, karier beliau semakin berkembang dengan menduduki berbagai posisi penting seperti Kepala Wilayah, Group Head Jakarta Commercial Sales Group, dan Direktur Corporate Banking. Selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Supervisi pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) – Bank Mandiri, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, Ketua Pengawas Dana Pensiun Bank Mandiri, dan Komisaris pada PT Mandiri Sekuritas. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan Legal yang membawahi Departemen Sumber Daya Manusia, Legal, Special Asset Management, dan General Affairs.

Foto Profil
 

 

Dini Suprihatini
Direktur


Jabatan dan Dasar Penunjukan
Ibu Dini Suprihatini diangkat menjadi Direktur sejak 5 Juni 2020 berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perseroan Terbatas PT Bank ICBC Indonesia No. 19 pada tanggal 5 Juni 2020.

Pendidikan
Beliau meraih gelar Sarjana dari Institut Pertanian Bogor pada 1995 di bidang Pertanian jurusan Agribisnis.

Perjalanan Karier
Beliau bergabung di PT Bank ICBC Indonesia pada 3 Oktober 2011. Menjabat sebagai Kepala Departemen Risk Management sejak 17 Desember 2012. Diangkat berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. 039/KPTS. DIR/ICBC.IND/2012. Sebelumnya beliau pernah bekerja di Bank Nusa Nasional sebagai Treasury Risk Management Department Head pada 1995–1999, di Bank Ekspor Indonesia sebagai ALCO Support and Treasury Dealer pada 1999–2003, di Bank Danamon sebagai Head of Market and Liquidity Risk pada 2003–2010, dan di Bank BTPN sebagai Advisor for ALM System Implementation pada 2010–2011. Dan saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Operasional yang membawahi Departemen Teknologi Informasi, Operation Management, Loan Operation, dan Bills Center.

 

 

 


【Close】